PENINGKATAN KREATIFITAS DAN INISIATIF GURU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Author: Suciati, Suciati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/131
https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/131/160
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran daring dalam meningkatkan kreatifitas dan inisiatif guru dalam mengelola pembelajaran di rumah di SD Bungkus. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan menggunakan model dari Elliot. Penelitian diadakan di SD Bungkus Kretek, Bantul pada tahun pelajaran 2019/2020 di masa pandemi Covid 19. Subjek penelitian adalah guru kelas 1, 2, 3, 4, dan guru kelas 5. Obyek penelitian adalah pembelajaran di rumah melalui pembelajaran daring/online dimasa pademi covid-19. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi serta dianalisi secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran daring dapat mengatasi pelaksanaan pembelajaran di masa pademi covid 19 melalui kreatifitas dan inisiatif guru dalam mengelola pembelajaran di rumah. Kreatifitas dan inisiatif guru mengalami peningkatan dalam pembuatan RPP sebesar 18%, pengelolaan pembelajaran daring sebesar 12%, keaktifan siswa  sebesar 17% dan nilai belajar siswa sebesar 9,6% dari siklus I ke siklus II dalam pembelajaran. Setelah ada tindakan kompetensi guru secara aktif, kreatif dan inisiatif dalam melaksanakan pembelajaran dirumah, pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dalam mengahadapi wabah pandemi covid 19.
  • This study aims to determine the online learning model in increasing the creativity and initiative of teachers in managing learning at home in SD Bungkus. This type of research is a school action research (PTS) using a model from Elliot. The study was conducted at SD Bungkus Kretek, Bantul in the 2019/2020 academic year during the Covid pandemic 19. The research subjects were grade 1, 2, 3, 4, and grade 5 teachers. The object of the study was home learning through online / online learning in the future pademi cavid 19. Data collected through observation and documentation and analyzed qualitatively. The results of this study indicate that online learning models can overcome the implementation of learning in the Pademus 19 period through the creativity and initiative of teachers in managing learning at home. Teacher creativity and initiative have increased in the making of lesson plans by 18%, online learning management by 12%, student activity by 17% and student learning values ​​by 9.6% from cycle I to cycle II in learning. After active teacher action, creative competence and initiative in implementing learning at home, learning can proceed smoothly in the face of the covid-19 pandemic outbreak.