GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA BERPRESTASI BELAJAR RENDAH DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH
Main Authors: | Andriyani, Juli; Fakultas Dakwah IAIN ar Raniry, Banda Aceh, Hanas, Efrar Khalid; Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Ilmiah Psikologi An Nafs
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/annafs/article/view/354 |
Daftar Isi:
- Bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dituntut untuk menyelesaikan studinya dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Agar dapat lulus dari pendidikan tinggi mahasiswa harus menghadapi berbagai tantangan, kendala dan hambatan. Salah satu permasalahan yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan studi adalah memotivasi diri untuk giat belajar. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa menjadi rendah dan dampak yang ditimbulkan pada mahasiswa yang memiliki motivasi be;ajar rendah.Responden pada penelitian ini terdiri dari tiga orang mahasiswa angkatan tahun 2008 Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh yang motivasi belajarnya rendah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan instrument wawancara dan observasi.Berdasarkan hasil paparan data dan pembahasan, maka ditarik kesimpulan bahwa gambaran motivasi belajar mahasiswa yang berprestasi belajar rendah di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh meliputi aktivitas mahasiswa diluar yang begitu sibuk, tidak focus dengan pendidikan, dan tidak mendisiplinkan diri. Dari hasil penelitian ditemukan faktor penyebab seseorang tidak memiliki motivasi belajar meliputi faktor ekonomi, factor kesehatan, dan faktor dari dalam diri, seperti tidak percaya diri. Sedangkan mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah menjadi kesulitan dalam mengejar mata kuliah yang tertinggal, perasaan malu yang besar, pola hidup menjadi tidak teratur, dan hilangnya semangat untuk melanjutkan kuliah. Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar.