Pembelajaran Strategi Inquiri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Main Author: Muhajir, Muhajir
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/9781/1/199-202%20Muhajir.pdf
http://eprints.uad.ac.id/9781/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perangkat Pembelajaran pada Mata Kuliah Ilmu Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar serta menghasilkan Desain Perangkat Pembelajaran pada Mata Kuliah Ilmu Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan perangkat Mata Kuliah Ilmu Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan denganstrategi inquiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Luaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPS), Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM), Buku Ajar materi Ilmu Kewarganegaraan. Temuan dari hasil penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara umum berkategori baik. Keterlaksanaan RPS berkategori baik, Buku Ajar materi Ilmu Kewarganegaraan menarik dan variatif, dan lembar kerja mahasiswa dibuat untuk menggali kemampuan menganalisis. Kata kunci: Strategi Inkuiri, Keterampilan Berpikir Kritis