Manifestasi Konsep Living Values Education pada Materi Hak dan Kewajiban Warga Negara melalui Kegiatan Konservasi Mangrove Mahasiswa Unswagati Cirebon
Main Author: | Hayati, Auliya Aenul |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/9775/1/152-158%20Auliya%20Aenul%20Hayati.pdf http://eprints.uad.ac.id/9775/ |
Daftar Isi:
- Konsep Living Values Education (LVE) menyeruak seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan upaya aktualisasi kompetensi kewarganegaraan yang utuh. Berbagai upaya pendidikan dilaksanakan untuk mencapai hal tersebut, salah satunya melalui kegiatan konservasi mangrove. Pola aktifitas peduli lingkungan yang dilaksanakan oleh para mahasiswa Unswagati ditujukan sebagai pengejawantahan nilai-nilai kehidupan yang intern dipahami dan diyakini ke dalam sebuah tindakan nyata, yaitu pemenuhan hak dan kewajiban mahasiswa sebagai warga negara. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai mata kuliah di Perguruan Tinggi bersifat integrated knowledge system yang mengarah pada ketercapaian karakter warga negara yang partisipatif dan bertanggung jawab, 2) Konseptual keilmuan hak dan kewajiban warga negara sebagai instructional effect berupa ketercapaian skala pengetahuan dan keterampilan mahasiswa, 3) Pola ajar konsep LVE melalui konservasi mangrove dalam bentuk pelibatan mahasiswa secara langsung pada aktifitas relaksasi, discovery learning penanaman mangrove, slogan-slogan kesadaran, refleksi dan jurnal diri. Kata kunci : Living Values Education (LVE), Pendidikan Kewarganegaraan, Hak dan Kewajiban Warga Negara, Konservasi Mangrove.