Pembelajaran Toleransi dan Keragaman dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar
Main Author: | Widiyanto, Delfiyan |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/9769/1/109-115%20Delfiyan%20Widiyanto.pdf http://eprints.uad.ac.id/9769/ |
Daftar Isi:
- Makalah ini membahas isu toleransi dan keragaman dalam kelas menggunakan pendekatan tematik dalam pembelajaran. Toleransi dan keragaman bahwa terdapat pemahaman, rasa saling menghormati, dan apresiasi terhadap keragaman budaya bagian penting bagi warga negara untuk dapat hidup damai. Berbagai budaya dengan memahami dan menghormati sebagai hal penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar hidup damai dan sejahtera baik lokal, nasional maupun global. Perlunya menangani toleransi dan keberagaman di sekolah untuk membekali siswa dari berbagai perbedaan dan keberagaman agar memiliki sikap toleran dan kerukunan. Pada makalah ini memiliki cara pengumpulan data dengan kajian kepustakaan atau metode liberary reasearh. Makalah ini mengkaji buku atau jurnal yang berhubungan dengan pembelajaran toleransi dan keragaman pada lingkup sekolah. Siswa dalam mempelajari berbagai budaya data di lakukan melalui proses pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada proses belajar mengajar di kelas dapat meningkatkan kesadaran siswa terhadap keberagaman. Guru yang menggunakan pendekatan tematik bisa digunakan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap keragaman, dapat digunakan untuk melihat adanya perbedaan dan persamaan berbagai budaya. Pembelajaran pendekatan tematik dengan buku cerita dapat digunakan untuk mengajarkan sikap toleransi dan kerukunan di sekolah. Pembelajaran toleransi dan kerukunan dapat dikembangkan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, toleransi dan keragaman menjadi bagian dari kompetensi yang diharapkan. Kata kunci : Budaya Toleransi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Strategi Pembelajaran