Evaluasi Usability Portal Unggah Mandiri Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi PGSD)

Main Authors: Prestisia, Gretha, Pujiastuti, Ana
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UPT Perpustakaan Universitas Lampung , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/8900/1/USABILITY.pdf
http://eprints.uad.ac.id/8900/
http://sniper.library.unila.ac.id
Daftar Isi:
  • Koleksi Tugas Akhir yang bersifat unpublished, limited dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi menjadi published dan open access. Koleksi yang bersifat unik ini akan lebih bermanfaat jika dari perpustakaan berinovasi menggeser pengumpulan Tugas Akhir tercetak menjadi unggah mandiri Tugas Akhir. Evaluasi terhadap portal unggah mandiri digunakan untuk mengetahui seberapa besar kegunaan (usability) bagi pemustaka. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui masing-masing karakteristik indikator penelitian. Dari 5 indikator yakni learnability, efficiency, memorability, errors dan saticfation dipecah menjadi 13 butir kuesioner yang disebarkan ke sampling. Adapun sampling yang dimaksud adalah mahasiswa yang telah melalui proses unggah mandiri Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar periode Mei-Juli 2017 sehingga teknik pengambilan sampling dengan cara purposive sampling. Dari 13 kuesioner tersebut dinyatakan bahwa data penelitan valid dan reliabel. Sedangkan untuk mendekripsikan indikator dengan rumus grand mean yang diperoleh perhitungan bahwa indikator learnability, efficiency, memorability masuk kategori baik dengan nilai 2.89; 3.12; 2.81. sedangkan untuk indikator errors dan satisfaction mempunyai nilai yang tidak baik dengan ditunjukkan angka sebesar 2.16; 2.23. Kedua indikator itu digunakan penulis untuk mengevaluasi kebergunaan dan pengembangan portal unggah mandiri. Harapannya layanan perpustakaan semakin lebih mudah dan melebur dengan kebutuhan referensi pemustaka.