Efektivitas Model Pembelajaran TGT Berbantuan Aplikasi Mobile Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor

Main Authors: Ari Anggraini, Priska, Dwi, Sulisworo
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/7666/1/74-298-1-PBQuantum5.pdf
http://eprints.uad.ac.id/7666/
http://conference.uad.ac.id/index.php?conference=Quantum&schedConf=Quantum2016&page=schedConf&op=presentations
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbantuan aplikasi mobile. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pendidikan dengan jenis data dan analisis datanya berbentuk kuantitatif yang menggunakan variabel univariat yaitu analisis yang menggunakan 1 variabel. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pre-test dan Post-test Design. Untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan uji gain skor. Dari pengujian gain skor didapatkan hasil 0,3 < 0,52 ≤ 0,7 dalam kriteria sedang dan dilakukan uji statistik Kolmogorov-Smirnov menggunakan SPSS 21 didapatkan hasil taraf signifikan 0,126 > 0,05 artinya data yang diperoleh berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dan taraf siginifikan 0,126> 0,05 maka H1 diterima. Karena H1 diterima berarti model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi mobile efektif terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor.