Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pemanfaatan Sumber Belajar Online pada Materi Zat dan Wujudnya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas VII SMP

Main Authors: Kristina Raja, Anjelina, Dwi, Sulisworo
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/7664/1/65-280-1-PBQuantum3.pdf
http://eprints.uad.ac.id/7664/
http://conference.uad.ac.id/index.php?conference=Quantum&schedConf=Quantum2016&page=schedConf&op=presentations
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pemanfaatan sumber belajar online pada materi zat dan wujudnya untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas VII SMP PIRI 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitiaan tindakan kelas. Perencanaan tindakan kelas dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus serta teknik pengumpulan data untuk keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan tes evaluasi esay untuk siklus I dan siklus II. Diperoleh hasil penelitian pada siklus I dengan rata-rata 64,16 sedangkan untuk siklus II diperoleh rata-rata 76,2 dan mengalami peningkatan sebesar 12,04%. Dengan demikian proses belajar mengajar pada siklus II terlaksana dengan baik dari sebelumnya, Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pemanfaatan sumber belajar online dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik.