Pengembangan Modul Fisika menggunakan Model PBL untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Suhu dan Kalor

Main Authors: Putri Probowati, Yhonis, Dwi, Sulisworo
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/7663/1/56-261-1-PBQuantum2.pdf
http://eprints.uad.ac.id/7663/
http://conference.uad.ac.id/index.php?conference=Quantum&schedConf=Quantum2016&page=schedConf&op=presentations
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Modul Fisika menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif dan partisipasi siswa dalam pembelajaran suhu dan kalor. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Validasi materi dilakukan oleh dosen dan guru fisika menggunakan angket. Kelayakan modul yang dihasilkan dinilai berdasarkan hasil uji kelayakan dari ahli materi, ahli media, dan pengguna. Uji coba dilakukan di sekolah menengah kejuruan. Secara berturut-turut tingkat kelayakan menurut ahli materi, ahli media, dan pengguna adalah sebesar 80,00%, 80,00%, dan 87,50%, yang ketiganya termasuk pada kategori sangat baik. Pemanfaatan Modul ini diharapkan dapat mengoptimalkan pemahaman materi pelajaran melalui pembelajaran berbasis masalah.