UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PERMAINAN BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI ISLAMI PADA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH NGUPASAN I KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/215

Main Authors: Rahmawati, Eliana, Taram, Abdul
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD FKIP UAD , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/7303/1/Eliana%20Rahmawati-edit.pdf
http://eprints.uad.ac.id/7303/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I semester II SD Muhammadiyah Ngupasan I Kota Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Objek penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan metode permainan berbantuan media monopoli islami di SD Muhammadiyah Ngupasan I Kota Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan postes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode permainan berbantuan media monopoli islami untuk meningkatkan keaktifan dan hsil belajar pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dari segi proses maupun hasil. Dari hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I, prosentase keaktifan siswa sebesar 55,90% (cukup) siklus II meningkat menjadi sebesar 80,58% (Sangat baik). Hasil postes siswa pada siklus I, prosentase hasil belajar aspek kognitif sebesar 52,38% (cukup) siklus II meningkat menjadi sebesar 76,19% (Baik). Hasil belajar aspek afektif pada siklus I perolehan nilai rata-ratanya sebesar 1,32 (Cukup) siklus II meningkat menjadi sebesar 2,17 (Baik). Saran yang dapat disampaikan hendaknya pendidik dalam pembelajaran kepada siswa SD dapat menggunakan metode permainan berbantuan media monopoli islami. Kata kunci: meningkatkan, keaktifan, hasil belajar, metode permainan, media monopoli