‘PENDIDIKAN KARAKTER’ SANTUN BERBAHASA MELALUI DONGENG

Main Authors: Pambudi, Dholina Inang, Prasetya, Rahayu Ika
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Widya Dharma Klaten , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/6557/1/artikel-dholina-unwidha.pdf
http://eprints.uad.ac.id/6557/
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan yang diberikan harus mencakup tiga ranah yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan). Adapun empat ranah keterampilan berbahasa, yaitu membaca, berbicara, mendengarkan, dan menulis. Berkaitan dengan minat membaca dan kesantunan berbahasa pada anak khususnya siswa sekolah dasar masih sangat kurang. Salah satu solusi untuk meningkatkan minat membaca dan kesantunan berbahasa anak khususnya di sekolah dasar adalah melalui dongeng. Dongeng dapat diterapkan sebagai media inspirasi dalam menumbuhkan keterampilan santun berbahasa dan minat baca pada anak melalui cerita gambar yang tersaji dalam dongeng. Anak secara langsung dapat menerapkan santun berbahasa dalam interaksi di kehidupan sehari-hari. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan daya baca siswa SD dan kesantunan berbahasa yang diperoleh dari dongeng. Selain itu, dongeng bermanfaat sebagai penumbuh dan pengembangan nilai moral anak, dengan kata lain dongeng sebagai media inspirasi pembentukan karakter bangsa. Kata Kunci: Santun Berbahasa, Minat Baca, Dongeng, Pendidikan Karakter