PENGEMBANGAN RPP DAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DITINJAU DARI TINGKAT KREATIVITAS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MA NU SUMBER AGUNG POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS

Main Authors: Muhammad, Suprianto, Dwi, Sulisworo, Ishafit, Ishafit
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/6539/1/muh%20suprianto%20dwi%20ishafit369-319-1-PB.pdf
http://eprints.uad.ac.id/6539/
http://conf.unnes.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP dan LKS berbasis problem based learning pada materi momentum dan impuls di MA NU Sumber Agung. Selain itu juga penlitian ini untuk mengetahui kelayakan RPP dan LKS yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan. Penelitian ini merupakan penelitain pengembangan. Produk yang dikembangkan 3 RPP dan 4 LKS fisika materi momentum dan impuls berbasis problem based learning. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan 4D, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate. Akan tetapi tahap disseminate belum dilakukan karena terkendala waktu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk dosen ahli dan guru fisika untuk aspek kevalidan, lembar penilaian siswa dan lembar penilaian guru terhadap LKS untuk aspek kepraktisan, serta soal tes penguasaan konsep dengan 20 soal pilihan ganda untuk aspek keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat baik dengan rata-rata total penilaian validator adalah 167,60 dan LKS memenuhi kriteria baik dengan skor rata-rata penilaian validator 140,33. Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penilaian siswa memenuhi kriteria baik sedangkan aspek kepraktisan berdasarkan penilaian guru memenuhi kriteria sangat baik. Sementara itu, untuk aspek keefektifan berdasarkan persentase ketuntasan belajar adalah 79,125%, sehingga produk yang dihasilkan efektif digunakan.