PROFESIONALISME KONSELOR EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DI SEKOLAH
Main Authors: | Agus Supriyanto, M.Pd., Irvan Budhi Handaka, M.Pd. |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNESA UNIVERSITY PRESS
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/5375/1/Profesionalisme%20Konselor%20Evaluasi%20Program%20Bimbingan%20dan%20Konseling%20Komprehensif%20di%20Sekolah.pdf http://eprints.uad.ac.id/5375/ http://unesa.ac.id |
Daftar Isi:
- Profesionalime konselor dapat diketahui dengan melihat kualitas dari kompetensi profesional konselor. Untuk mengetahui profesionalisme konselor dilihat dari melalui kegiatan evaluasi. Evaluasi program bimbingan dan konseling merupakan suatu proses yang berguna untuk pengembangan diri konselor, potensi siswa, maupun keilmuan. Sehingga dalam evaluasi program bimbingan dan konseling merupakan proses penetapan secara sistematis tentang nilai program bimbingan dan konseling yang dicapai melalui pelaksanaan program bimbingan dan konseling. Aspek dalam program bimbingan dan konseling yang perlu dievaluasi yaitu (1) perencanaan, (2) perancangan, (3) pelaksanaan, dan (4) evaluasi. Komponen dalam program bimbingan dan konseling yang dilakukan secara kolaboratif. Maka aspek-aspek tersebut untuk mengetahui kesenjangan antara kondisi ideal dengan kenyataan yang melibatkan serangkaian aktifitas yang berurutan, seperti (1) mengidentifikasi tujuan yang dinilai, (2) mengembangkan rencana evaluasi, (3) mengaplikasikan rencana evaluasi, dan (4) menggunakan temuan-temuan.