CAS NUDER DALAM ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Main Authors: Prasetya, Rahayu Ika, Pambudi, Dholina Inang
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prodi Bimbingan dan Konseling , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/4932/1/Rahayu%20Ika%2C%20Dholina_PGSD%20FKIP%20UAD.pdf
http://eprints.uad.ac.id/4932/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran dikelas adalah proses ketika guru 1 peserta didik sehingga mereka dapat mema- hami materi. Untuk itu, guru perlu melibatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Na- mun pada kenyataan, pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru hanya melibatkan sebagian peserta didik sehingga hanya sebagian peserta didik saja yang memahami materi. Hal ini sudah menjadi biasa dalam pelaksanaan pembelajaran. Padahal, guru yang berperan aktif untuk mend- esain pembelajaran. Pembelajaran di kelas tersebut akan mempengaruhi keterlibatan dan keaktifan peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Salah satu tipe metode yang dapat digunakan guru pada mata pelajaran IPS adalah Cas Nuder. Dalam penerapan Cas Nuder, pembelajaran akan berlangsung yang melibatkan seluruh peserta didik dengan tujuan untuk mengoptimalkan potensi peserta didik. Kata kunci: Pembelajaran, Cas Nuder, dan keaktifan peserta didik.