MANAJEMEN AMARAH: STRATEGI UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESI SISWA SEKOLAH MENENGAH

Main Author: Erni, Hestiningrum
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/3914/1/20%20MANAJEMEN%20AMARAH.pdf
http://eprints.uad.ac.id/3914/
Daftar Isi:
  • Abstrak Salah satu tempat yang dapat dimanfaatkan individu untuk menemukan dan mengembangkan potensinya adalah sekolah, terutama Sekolah Menengah. Peran guru-guru di Sekolah Menengah tidak mudah karena guru dituntut untuk mencetak pribadi-pribadi yang memiliki karakter dan etos kerja yang kuat. Akan tetapi, siswa tidak memanfaatkan waktu dengan baik dan justru memunculkan perilaku-perilaku maladaptif seperti perilaku agresi. Fenomena banyaknya perilaku agresi yang terjadi pada kalangan siswa Sekolah Menengah perlu diatasi. Salah satu strategi untuk mereduksi perilaku agresi di kalangan pelajar Sekolah Menengah adalah dengan mengembangkan dan menerapkan layanan konseling dengan pelatihan manajemen amarah. Pengembangan dan implementasi pelatihan manajemen amarah ini diharapkan dapat menimbulkan stabilitas emosi siswa Sekolah Menengah sehingga dapat meminimalisir perilaku agresi yang muncul. Kata kunci: manajemen amarah, agresi