PENGARUH MODEL COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD JARAKAN SEWON BANTUL

Main Author: Purwaaktari, Eni
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi BK dan PGSD FKIP UAD , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/3669/1/Eni%20Purwakarti_SD%20Timbulharjo.pdf
http://eprints.uad.ac.id/3669/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model collaborative learning ter- hadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap sosial siswa kelas V SD Jarakan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain randomized pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Jarakan pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas 5a, 5b, 5c, dan 5d. Sampel sejumlah tiga kelas (dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol) diten- tukan melalui pengundian. Data dikumpulkan menggunakan tes dan angket. Validitas instrumen tes dan angket diperoleh dari expert judgement sedangkan estimasi reliabilitasnya diperoleh den- gan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan uji t dan uji Hotell- ing’s dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model col- laborative learning terhadap sikap sosial siswa, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap sosial siswa yang diteliti. Kata kunci: collaborative learning, mathematical problem solving ability, social attitudes.