PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL VOLUME KUBUS DAN BALOK DENGAN KUBUS SATUAN PADA SISWA KELAS V DAN VI SD

Main Authors: Nuansari, Ariska Ade, Ilmi, Yuslanti, Puspita, Rosa Anindya, Ratu, Novisita, Mampouw, Helti Ligiya
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi BK dan PGSD FKIP UAD , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/3368/1/Ariske%20Ade_UKSW2.pdf
http://eprints.uad.ac.id/3368/
Daftar Isi:
  • Pentingnya pemahaman siswa terkait volume kubus dan balok menjadi dasar dalam mema- hami volume bangun ruang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal volume kubus dan balok dengan menggunakan kubus satuan pada siswa kelas V dan VI Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 8 siswa yang terdiri dari 4 siswa kelas V dan 4 siswa kelas VI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal volume kubus dan balok, hampir semua siswa dalam mengerjakan semua soal menggunakan cara berpikir reflektif, ada satu siswa yang menger- jakan soal nomor 2 dengan cara berpikir proposional, terdapat lima siswa mengerjakan soal nomor 2 dan 5 menggunakan cara berpikir kombinatorial. Terdapat satu subjek yang mengerjakan soal nomor 2 dan 3 menggunakan cara berpikir adolensensi namun tidak dapat menyelesaikan secara tepat, dan ada satu subjek yang tidak mengerjakan soal nomor 5. Kata Kunci: pemahaman, volume kubus dan balok, teori berfikir piaget