Kisah-kisah dalam Al Qur’an dan Relevansinya dalam Pendidikan Anak Usia SD/MI

Main Author: Rofiah, Nurul Hidayati
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/2956/3/KISAH-KISAH%20ALQURAN-NURUL%20HIDAYATI%20ROFIAH.pdf
http://eprints.uad.ac.id/2956/
Daftar Isi:
  • Kisah- kisah dalam Al-Qur‟an menjadi bagian tak terpisahkan dari isi Al-Qur‟an yang menjadi referensi utama bagi umat manusia. Kisah- kisah Al-Qur‟an bermanfaat dalam rangka pembentukan karakter manusia yang berbudi luhur dan memiliki aqidah tauhid. Dalam dunia pendidikan, pola pendidikan yang hanya menggunakan metode ceramah secara monolog tentu sangat membosankan bagi peserta didik, terlebih di kalangan peserta didik pemula pada tingkat SD/MI. Kisah-kisah AL-Qur‟an menjadi bagian dari metode pendidikan yang efektif bagi pembentukan jiwa yang mentaukhidkan Allah SWT. Karena itu ditegaskan Allah SWT “ faqshush alqashash la‟allahum yatafakkarun”, maka kisahkanlah kisah-kisah agar mereka berpikir. Seorang pendidik harus mampu memberikan variasi metode pembelajaran dengan menyisipi berbagai kisah dan cerita yang relevan dengan kompetensi dan materi pembelajaran. Kisah juga menjadi media yang efektif untuk memberikan peringatan kepada peserta didik agar tidak terjerumus dalam berbagai kemaksiatan maupun kejahatan. Dengan suatu cerita atau kisah peserta didik akan mendapat sentuhan nilai-nilai yang akan berpengaruh terhadap karakternya. Seorang pendidik dapat menjadikan kisah sebagai metode alternatif bagi pembentukan jiwa peserta didik terutama dalam ranah afektif dan psikomotor. Pendidik dapat menempatkan kisah atau cerita dalam proses pembelajaran. Kata kunci: kisah-kisah al-Qur‟an, pendidikan anak usia SD/MI