KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Main Author: FAUZIA, FAUZIA
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: PROGRAM PASCA SARJANA UNY , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/2825/1/PPS.pdf
http://eprints.uad.ac.id/2825/
Daftar Isi:
  • Abstrak Sejak diberlakukannya kurikulum 2013 pengajaran Bahasa Inggris mulai bergeser fungsinya tidak lagi menjadi mata pelajaran muatan lokal, namun menjadi salah satu program yang dimasukkan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Faktor penyebab dihilangkannya mata pelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar ada beberapa hal, yaitu: 1) adanya pendapat bahwa Bahasa Inggris belum waktunya diajarkan di level paling awal pada jenjang pendidikan. Hal ini disebabkan karena anak-anak pada level ini masih pada tahap belajar bahasa pertama (first language) dan bahasa ibu mereka (native language), 2)pengembangan mata pelajaran yang tercakup dalam muatan lokal lebih pada pengembangan budaya dan jiwa kepemimpinan, 3)pembelajaran bahasa Inggris di tingkat dasar belum cukup mampu memberikan hasil yang signifikan terhadap penguasaan Bahasa Inggris. Implikasi pemberlakuan kebijakan kurikulum 2013 ini terlihat pada: 1) tenaga pendidik dan 2) institusi pencetak tenaga pendidik itu sendiri. Kata kunci: kebijakan, kurikulum 2013, implikasi, pengajaran, bahasa Inggris