INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Dholina Inang, Pambudi
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Unisula Press , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/2778/1/seminar-unisula.pdf
http://eprints.uad.ac.id/2778/
Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter di sekolah berfungsi tidak hanya sekedar agar peserta didik cerdas, tetapi juga harus bertanggung jawab untuk memberdayakan dirinya agar memiliki moral yang baik dan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Karakter adalah sesuatu yang sangat penting dan vital bagi tercapainya tujuan hidup. Pendidikan dikembangkan tidak sekedar berlandaskan pada penguasaan aspek kognitif, dan psikomotorik saja, namun ketiganya harus seimbang, serta mengedepankan aspek afektif agar kemerosotan moral yang terjadi di negeri ini dapat teratasi. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan studi pustaka. Dalam hal ini dipaparkan contoh model penanaman nilai-nilai karakter yang diberikan khususnya bagi siswa sekolah dasar. Siswa sekolah dasar adalah termasuk dalam tahapan usia dimana anak memerlukan contoh yang kongkrit. Sehingga sangat diperlukan model penanaman karakter yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia sekolah dasar yaitu melalui dukungan cerita bergambar yang di dalamnya terkandung nilai-nilai karakter. Model penanaman karakter yang ditawarkan dalam penulisan ini adalah melalui cerita bergambar. Seperti diketahui bahwa melalui media visual dari cerita bergambar yang dikembangkan akan dapat meningkatkan pemahaman siswa, sekaligus nilai-nilai karakter yang ada dalam cerita bergambar diharapkan dapat terinternalisasi dengan baik ke dalam diri siswa. Keyword: internalisasi, nilai-nilai karakter, media cerita bergambar