PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LAYANAN BK DENGAN PENDEKATAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Sri Tutur, Martaningsih, Dholina Inang, Pambudi
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/2328/1/Makalah_seminar_ALFA_UNNES.pdf
http://eprints.uad.ac.id/2328/
Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter menjadi tumpuan harapan bagi perbaikan kepribadian generasi bangsa. Pendidikan karakter yang implisit di dalam berbagai mata pelajaran seakan kurang mendapat perhatian serius dari para pelaksananya. Berbagai kondisi negatif dari sebagian masyarakat, disinyalir merupakan kegagalan pendidikan dalam membangun karakter bangsa. Pendidikan harus mampu memberikan bakti nyata memperbaiki kondisi beragam perilaku negatif yang terjadi di masyarakat. Pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar merupakan fondasi yang mendasari perkembangan karakter individu lebih lanjut. Oleh karena itu, perlu dipikirkan strategi yang memungkinkan pendidikan karakter di usia emas dapat berlangsung secara efektif, sekaligus sebagai bagian implementasi kebijakan pemberlakukan kurikulum 2013saatini. Efektivitas strategi pendidikan untuk anak hingga usia sekolah dasar perlu mempertimbangkan tingkat perkembangan anak. Tematik integratif menjadi salah satu pilihan yang tepat mengingat strategi tersebut saat ini diterapkan sebagaipendekatandalam pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Agar pendidikan karakter tetap menjadi fokus perhatian dalam proses pembelajaran perlu ada penyiapan secara matang melalui perencanaan kurikulum yang integratif pada jenjang satuan pendidikan. Pendekatan pembelajaran yang kreatif dan dinamis diperlukan agar suasana menyenangkan terwujud dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif. Keywords: Pendidikan karakter di sekolah dasar, tematik integratif, pembelajaran efektif.