PEMANFAATAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Authors: Ujianti, Desi, Retnasari, Lisa, Supriyadi, Amroni
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/21587/1/33.%20Desi%20Ujianti%20%281717-1724%29.pdf
http://eprints.uad.ac.id/21587/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik kelas V Sekolah Dasar melalui media Powerpoint. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas V SD Negeri Kalijeruk 04 Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap yang berjumlah 9 siswa terdiri dari 5 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Desain PTK Pemanfaatan media Powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar pada tema 5 subtema 1 pembelajaran ke 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 33%, pada siklus I sebesar 56%, sedangkan pada siklus II sebesar 78%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tidakan sebesar 57,78, siklus I sebesar 68,33 sedangkan pada siklus II sebesar 79,44. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Kata kunci: Media, Powerpoint, Tematik, Hasil Belajar.