PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IVA SD UNGGULAN ‘AISYIYAH BANTUL

Main Authors: Windarti, Atik, Pambudi, Dholina Inang, Asiyah, Yeni Nur
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/21489/1/32.%20ATIK%20WINDARTI%20%281441-1452%29.pdf
http://eprints.uad.ac.id/21489/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model problem-based learning kelas IVA SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah kelas IVA SD Unggulan Aisyiyah Bantul yang berjumlah 14 anak. Desain PTK yang digunakan adalah model Kemmis and Mc.Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan tes. Analisis yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa yaitu siklus I sebesar 64% meningkat pada siklus II menjadi 86%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,71 dan siklus II sebesar 82,14. Keaktivan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I presentase aktivitas belajar siswa adalah sebesar 55% dan siklus II sebesar 75,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem-based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.