PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA GAMBAR MATERI MEMBUAT CERITA KELAS II SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA

Main Authors: Saputri, Larostina, Sudaryanto, Sudaryanto, Dian, Dede
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/21476/1/19.%20Larostina%20Saputri%20%281304-1312%29.pdf
http://eprints.uad.ac.id/21476/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran Problem Based Learning dan media gambar materi membuat cerita di kelas II SD INTIS School Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas II SD INTIS School Yogyakarta yang berjumlah 16 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam membuat cerita berdasarkan gambar. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan setiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 62,5%, sedangkan pada siklus II sebesar 90%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 76,0 sedangkan pada siklus II sebesar 89,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.