PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GERJEN MELALUI METODE BELAJAR MIND MAP PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH MASA HINDU, BUDDHA, DAN ISLAM SERTA PENGARUHNYA

Main Authors: Mulyaningsih, Irma, Sukmayadi, Trisna, ‘Ainurrohmah, Siti
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/21462/1/6.%20Irma%20Mulyaningsih%20%281177-1187%29.pdf
http://eprints.uad.ac.id/21462/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Gerjen melalui metode belajar mind map pada materi peninggalan sejarah masa Hindu, Buddha, dan Islam serta pengaruhnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas IV SD Negeri Gerjen Lendah Kulon Progo yang berjumlah 16 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase prestasi belajar, hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan belajar siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 6,25%, pada siklus I sebesar 25%, sedangkan pada siklus II sebesar 75%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tindakan sebesar 47,92, siklus I sebesar 66,67, sedangkan pada siklus II sebesar 91,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode belajar mind map pada materi peninggalan sejarah masa Hindu, Buddha, dan Islam serta pengaruhnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.