UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS GURU DAN SISWA BESERTA RESPON SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Main Authors: Hayati, Rahmah, Siti Aulia, Syifa, Rahayu Ratnaningsih, Sri
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/21365/1/23.%20rahmah%20hayati-PGSD%20%28865-874%29.pdf
http://eprints.uad.ac.id/21365/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dengan ditandai dengan banyak nya nilai siswa yang masih rendah, hal ini karena metode yang digunakan guru tidak menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan data tentang peningkatan aktivitas guru dan siswa, respon siswa, serta hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas III SD Negeri 8 Muara Batu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersumber dari observasi dan angket. Hasil penelitian menyebutkan bahwa siklus pertama persentase Aktivitas guru dari 84,54% siklus pertama, meningkat menjadi 97,27% pada siklus kedua. Aktivitas siswa 83,63% pada siklus pertama, meningkat menjadi 95,45% pada siklus kedua. Respon siswa secara umum yang menjawab senang dan baru terhadap pembelajaran dengan menggunakan model PBL persentase mencapai 92,30%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta respon siswa kelas III SD Negeri 8 Muara Batu.