PENINGKAKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TKJ MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DI SMK MUHAMMADIYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Main Authors: Hafidh, Noor, Barida, Muya, Munandari, Ike
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/21306/1/16.%20NOOR%20HAFIDH%20%28588-599%29.pdf
http://eprints.uad.ac.id/21306/
Daftar Isi:
  • Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan minat belajar pada peserta didik kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Kudus melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling. Untuk mengembangkan teori psikologi pendidikan umumnya dan khusus di bidang bimbingan konseling memberikan sumbangan keilmuan terhadap pemberian layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Upaya untuk meningkatkan minat belajar peserta didik ditempuh jalan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling. Setelah peserta didik yang bermasalah dengan minat belajarnya kemudian diberikan layanan bimbingan kelompok, diharapkan bisa menambah minat belajar peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Penelitian tindakan dan bimbingan konseling (PTBK) ini ditempuh dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus difokuskan pada kegiatan pokok yaitu : 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Pengamatan, dan 4. Refleksi. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas (variabel X) adalah variabel yang dipandang sebagai penyebab munculnya variabel terikat yang diduga sebagai akibatnya, sedangkan variabel terikat (variabel Y) adalah variabel yang dipardugakan. Sampel penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas X TKJ yang memiliki minat belajar yang rendah dan ada yang sebagai modeling. Pada tahap observasi ini, peneliti mengamati berbagai jenis data yang berkaitan dengan dampak tindakan terhadap masalah yang akan diteliti, baik pada aspek proses maupun aspek perubahan pada masalah.