Efektifitas layanan bimbingan klasikal teknik bibliotherapy untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Mlati tahun ajaran 2019/2020
Main Authors: | Putri, Indah Dwi Anggraini, Bhakti, Caraka Putra, Muarifah, Alif, Saputra, Wahyu Nanda Eka |
---|---|
Format: | Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/21236/1/T1_1500001084_NASKAH_PUBLIKASI__200124112554.pdf http://eprints.uad.ac.id/21236/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan keefektivitas layanan bimbingan klasikal teknik bibliotherapy dengan ceramah dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi eksperimental design yang berjenis nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi kelas IX di SMP Negeri 3 Mlati dengan sampel masing-masing 20 orang siswa untuk kelompok eksperimen (diberikan intervensi bimbingan klasikal teknik bibliotherapy) dan kelompok kontrol (diberikan intervensi bimbingan klasikal teknik ceramah). Penentuan sampel dengan purposive sampling yang mempertimbangkan beberapa karakteristik khusus. Kemudian pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes konsentrasi belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan formula paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan konsentrasi belajar siswa berdasarkan intervensi bimbingan klasikal teknik bibliotherapy dengan ceramah. Konsentrasi belajar siswa lebih baik setelah diberikan intervensi bimbingan klasikal teknik bibliotherapy daripada ceramah.