Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe STAD dengan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Pucung
Main Authors: | Pitasari, Dyah, Maryani, Ika, Purwanto, Purwanto |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/21230/1/26.%20DYAH%20EKA%20PITASARI-PGSD%20%28170-279%29.pdf http://eprints.uad.ac.id/21230/ |
Daftar Isi:
- Menurunnya perhatian siswa pada saat pembelajaran secara daring menjadi perhatian guru. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan siswa agar siswa semangat belajar dan kreatifitas guru dalam mengemas pembelajaran online nya agar menarik perhatian dan motivasi siswa dalam mengikuti tahapan pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Cooperative Learning tipe STAD dengan media video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Pucung dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic yaitu dengan mencari nilai rerata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperatif Learning tipe STAD dengan media video pembelajaran, motivasi belajar dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari meningkatnya prosentase motivasi belajar siswa, nilai rata-rata dan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I rata-rata prosentase motivasi belajar siswa 63,7% dan rata-rata hasil belajar 71,4. Pada siklus II rata-rata prosentase motivasi belajar siswa 80,2% dan rata-rata hasil belajar 81,4%