PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA VIDEO KELAS V SD MUHAMMADIYAH WONOREJO, SANDEN
Main Authors: | Ambarwati, Feri, Maryani, Ika, Purwanto, Purwnto |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/21227/1/23.%20feri%20ambarwati-PGSD%20%28243-251%29.pdf http://eprints.uad.ac.id/21227/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran dimasa pandemi yang diterapkan di SD Muhammadiyah Wonorejo baik secara daring lewat google form dan luring penugasan lewat WA grup mengalami masalah terutama dalam hal rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui media video kelas V SD Muhammadiyah Wonorejo, Sanden. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus di kelas V SD Muhammadiyah Wonorejo, Sanden yang terdiri dari 17 siswa. Metode pengambilan data dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui media video kelas V SD Muhammadiyah Wonorejo, Sanden. Hal ini terlihat dari peningkatan keaktifan siswa pada indikator mengajukan dan menjawab pertanyaan serta rata-rata hasil belajar siswa yang selalu mengalami peningkatan. Siklus I rata-rata hasil belajar siswa 52,94 atau meningkat 25% dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 0,24 atau naik 24%. Siklus II rata-rata nilai siswa 83,53 meningkat 58% dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 0,88 atau naik 64% .