Peningkatan Bahasa Indonesia Keterampilan Menyimak Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SD Juara Tahun 2020 Tema Berbagai Pekerjaan

Main Authors: Suranti, Suranti, Purwanto, Wachid Eko, Isdiyanti, Sri, Hartini, Sri
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/21220/1/16.%20Suranti-PGSD%20%28167-176%29.pdf
http://eprints.uad.ac.id/21220/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran dari rumah menyebabkan partisipasi siswa dan hasil belajar muatan Bahasa Indonesia ketrampilan menyimak siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan ketrampilan menyimak siswa melalui media audio visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Juara Tahun 2020 pada materi unsur instrinsik sastra (dongeng) sejumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, rubrik, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pada kondisi awal sebesar nilai rata-rata kelas sebesar 71 meningkat hingga menjadi 74 di siklus I, dan pada siklus II meningkat sebesar 85. Sedangkan prosentase partisipasi dari siklus I sebesar 52% meningkat 35 % pada ke siklus II menjadi 87%. Selain itu ketuntasan belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar 3.5 prosentase pada siklus I pertemuan 1 siswa yang tuntas sebesar 43% (10 siswa) naik menjadi 52% (12 siswa) pada pertemuan ke 2. Prosentase pada siklus II pertemuan 1 siswa tuntas 52% (12 siswa) menjadi 87% (20 siswa) dan siswa yang tidak tuntas sejumlah 13 % (3 siswa). Berdasarkan hal itu, dapat disimpulkan penerapan media audio visual dalam muatan pelajaran Bahasa Indonesia ketrampilan menyimak siswa kelas IV SD Juara Tahun 2020 pada materi unsur intrinsik sastra terjadi peningkatan cukup signifikan