Upaya Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Dengan Metode Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Secara Daring SD Muhammadiyah Tlogolelo

Main Authors: Kusniyawati, Liana, Fatmawati, Laila, Kismilah, Tri
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/21210/1/6.%20Liana%20Kusniyawati-PGSD%20%2857-68%29.pdf
http://eprints.uad.ac.id/21210/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pembelajaran tematik secara daring dengan menggunakan metode discovery learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah Tlogolelo. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan minat belajar siswa dimana pada prasiklus siswa yang memiliki minat belajar tinggi baru sekitar 13,33 % kemudian naik 26,67 % pada siklus I dan 33,33 % pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar siswa yang tuntas naik dari prasiklus 26,67 % kemudian 60 % pada siklus I dan 80 % pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode discovery learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.