Hubungan persepsi siswa terhadap iklim sekolah dengan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Gamping tahun ajaran 2019/2020

Main Authors: Ratri, Tipuk Madya, Martaningsih, Sri Tutur, Alhadi, Said, Handaka, Irvan Budhi
Format: Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/21181/1/T1_1400001025_NASKAH_PUBLIKASI__200221095021.pdf
http://eprints.uad.ac.id/21181/
Daftar Isi:
  • Proses belajar mengajar di sekolah dipengaruhi oleh beberapa komponen utama yang saling berkaitan, diantaranya guru, siswa, dan lingkungan atau suasana dimana proses belajar mengajar itu berlangsung. Persepsi siswa terhadap iklim sekolah merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi tentang iklim sekolah dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Gamping tahun ajaran 2019/2020 Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif korelasional. Variabel bebas yaitu persepsi terhadap iklim sekolah dan variabel tergantung yaitu hasil belajar siswa. Populasi penelitian sebanyak 95 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Gamping dengan perincian 32 siswa sebagai subjek uji coba dan 63 siswa sebagai sampel penelitian. Instrument persepsi terhadap iklim sekolah berupa angket tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, sedangkan hasil belajar berupa nilai raport Metode analisa data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi product moment Pearson’s. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Gamping yang ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi product moment Pearson’s sebesar 0,585. Koefisien korelasi bernilai positif menunjukkan bahwa meningkatnya persepsi siswa terhadap iklim sekolah akan diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa, sedangkan turunnya persepsi siswa terhadap iklim sekolah akan diikuti dengan menurunnya hasil belajarnya.