Hubungan Antara Empati dengan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Siswa kelas XI SMK Piri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020

Main Author: TRIANITA, EGGIE
Format: Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/21165/1/T1_1300001088_NASKAH_PUBLIKASI__200824020708.pdf
http://eprints.uad.ac.id/21165/
Daftar Isi:
  • Bullying merupakan salah satu bentuk tindakan agresi, dampaknya membahayakan korban. Masih ditemukan siswa yang melakukan perilaku bullying dalam bentuk bullying verbal maupun non verbal. Empati merupakan kemampuan membaca emosi dari sudut pandang orang lain dan peka terhadap perasaan orang lain. Masih ditemukannya siswa yang kurang mempunyai perilaku empati seperti melakukan deskriminasi dalam pergaulan dan siswa yang saling menyindir baik secara langsung maupun lewat media social. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara empati dan kecenderungan perilaku bullying pada siswa kelas XI SMK PIRI 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan total subjek 109 siswa dengan subjek uji coba 30 siswa dan subjek penelitian 79 siswa. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif, dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif pengujian hipotesis. Hasil Analisis dari penelitian ini ada hubungan negatif yang signifikan antara empati dengan perilaku bullying yang ditunjukkan dari nilai r hitung = - 0,457 yang lebih kecil daripada nilai - r tabel (- 0,221). Pengaruh empati terhadap perilaku bullying sebesar 20,9 % dan sisanya sebesar 79,1 % dari perilaku bullying disebabkan oleh variabel lain di luar variabel empati.