PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, STRATEGI PEMASARAN DAN INOVASI TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM

Main Author: WIDOWATI, Mrs
Format: Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/20925/1/T1_1400012258_NASKAH_PUBLIKASI__200827013100.pdf
http://eprints.uad.ac.id/20925/
Daftar Isi:
  • Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran yang sangat penting dan signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Oleh karena itu penting untuk dilalukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran dan inovasi terhadap perkembangan UMKM. Penelitian ini dilakukan di kabupaten Bantul dengan mengambil sampel 60 pembatik yang sudah membatik selama hampir 10 tahun minimal di Kerajinan Batik Tulis Giriloyo dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik wirausaha, strategi pemasaran dan inovasi dibuktikan dengan adanya pengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan UMKM, sedangkan modal usaha tidak mempunyai pengaruh terhadap perkembangan UMKM.