PERAN PERCEIVED VALUE DALAM MEMEDIASI PENGARUH GREEN MARKETING TREHADAP GREEN PURCHASE INTENTION

Main Author: Johari, Taru Bema
Format: Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/18044/1/Naskah%20Publikasi%20Skripsi.pdf
http://eprints.uad.ac.id/18044/
Daftar Isi:
  • Green marketing adalah sebuah konsep pemasaran yang bertujuan untuk mendorong pada kebiasaan peduli lingkungan dengan menggunakan produk ramah lingkungan. Penelitian kali ini merupakan penelitian bersifat kuantitatif. Dilakukan untuk mengetahui pengaruh green marketing terhadap green purchase intention dimediasi oleh perceived value. Pengambilan sampel dilakukan melalui metode purposive sampling dengan objek yang dipilih adalah konsumen produk Tupperware di kota Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan menyebar kuesioner kepada 92 responden yang dipilih sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan di dalam penelitian. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan di analisis menggunakan aplikasi SPSS 23. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya analisis regresi, uji signifikansi parsial dan uji mediasi dengan metode strategy casual step (baron-kenny). Hasil dari uji yang dilakukan berdasarkan uji t 1) green marketing berpengaruh positif terhadap green purchase intention secara parsial dengan nilai sig. 0,000<0,05 2) green marketing berpengaruh positif secara parsial terhadap perceived value dengan nilai sig. 0,000<0,05 3) perceived value berpengaruh positif secara parsial terhadap green purchase intention dengan nilai sig. 0,000<0,05. Pada uji mediasi pengaruh green marketing terhadap green purchase intention dengan perceived value sebagai variabel mediasi disimpulkan bahwa perceived value mampu memediasi secara parsial setelah variabel mediasi dimasukan dalam persamaan awal regresi (sebelum dimasukan variabel mediasi) yang semula signifikan (0,000) menjadi tetap signifikan (0,040) setelah dimasukan variabel mediasi tetapi mengalami penurunan pada koefisien regresi dari yang sebelumnya 0,693 menjadi 0,264. Kata kunci: green marketing, green perceived value, green purchase intention