HUBUNGAN ANTARA IKLIM KELAS DAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN FLOW AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Author: Hidayah, Nur M
Format: Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/17227/1/upload%20naskah%20publikasi.pdf
http://eprints.uad.ac.id/17227/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara iklim kelas dan self regulated learning dengan flow akademik pada siswa sekolah menengah pertama, populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Kretek yang berjumlah 116. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur skala psikologi sebagai alat pengumpulan data. Teknik pengambilan data ini menggunakan teknik cluster random sampling. Skala yang digunakan adalah skala iklim kelas, skala self regulated learning dan skala flow. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara iklim kelas dan self regulated learning dengan flow dengan nilai koefisien korelasi p= 0,476 dengan taraf signifikan 0,000 lebih kecil dari (p<0,05). Terdapat adanya hubungan yang positif antara iklim kelas dengan flow dengan nilai koefisien korelasi p= 0,213 dengan taraf signifikan 0,000 lebih kecil dari (p<0,05). Terdapat hubungan positif antara self regulated learning dengan flow dengan nilai koefisien korelasi p= 0,325 dengan taraf signifikan 0,000 lebih kecil dari (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara iklim kelas dan self regulated learning dengan flow akademik pada siswa SMP Negeri 2 Kretek, variabel iklim kelas dan self regulated learning memberikan sumbangan efektif sebesar 22,7%. Kata Kunci : Flow, Iklim Kelas, Self Regulated Learning