IMPLEMENTASI MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS V DI SD NEGERI JATIMALANG KABUPATEN PURWOREJO
Main Author: | Septiannjari, Dinindya Egi Wulan |
---|---|
Format: | Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/16980/1/JURNAL%20SKRIPSI%20PDF.pdf http://eprints.uad.ac.id/16980/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran secara intens menggunakan pendekatan, teknik, dan media pembelajaran yang bervariasi diharapkan mampu membangkitkan minat siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Namun metode yang digunakan saat ini masih ada yang bersifat konvensional yaitu disampaikan langsung oleh guru pada saat pembelajaran dikelas. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman dan daya tarik siswa dalam belajar. Dengan adanya permasalahan tersebut perlu adanya penerapan model pembelajaran yang berbeda yaitu, dengan mengimplementasikan model pembelajaran Jigsaw. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah model pembelajaran dimana para siswa aktif bekerja sama secara berkelompok dalam menyelesaikan tugas kooperatifnya, terdiri dari empat sampai enam orang anggota yang dipilih secara acak. Tujuan Penelitian adalah untuk mengimplementasikan model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran mata pelajaran PKn pada siswa kelas V SD Negeri Jatimalang Purworejo yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan menunjukkan bahwa implementasi model Jigsaw dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SD Negeri Jatimalang Purworejo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: implementasi, pembelajaran, model Jigsaw.