HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI, DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA DENGAN SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SMP NEGERI KOTA YOGYAKARTA
Main Authors: | -, Azhari, Safaria, Triantoro, Situmorang, Nina Zulida |
---|---|
Format: | Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/15287/1/T2_1708044052_NASKAH_PUBLIKASI__191010111241.pdf http://eprints.uad.ac.id/15287/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hubungan antara efikasi diri, dukungan teman sebaya dan komunikasi interpersonal guru-siswa dengan school well-being. 2) mengetahui Hubungan antara efikasi diri dan school well-being. 3) mengetahui Hubungan antara dukungan teman sebaya dan school well-being. 4) mengetahui Hubungan antara komunikasi interpersonal guru-siswa dan school well-being. Metode pada penelitian ini yaitu kuantitatif, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 16.0 Populasi dan sampel adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 10 dan SMP Negeri 12 Kota Yogyakarta. Sampel penelitian berjumlah 177 siswa. Hasil penelitian ini adalah 1) ada hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri, dukungan teman sebaya dan komunikasi interpersonal guru-siswa dengan school well-being, nilai Sig. = 0,000 < (0,01), nilai F sebesar 49.656 dan nilai R = 0,680. 2) ada hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan school well-being dengan hasil diperoleh Sig = 0,000 < 0,01 3) ada hubungan positif dan signifikan antara dukungan teman sebaya dengan school well-being dengan hasil diperoleh Sig = 0.024 < 0,05 dan 4) ada hubungan positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal guru-siswa dengan school well-being dengan hasil diperoleh Sig = 0,000 < 0,01. Kata Kunci : dukungan teman sebaya, efikasi diri, komunikasi interpersonal guru-siswa, school well-being, siswa.