HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK CINTA DAMAI MANGGARAI TIMUR

Main Authors: Bramanusanti, Ayuditya, -, Mujidin, -, Purwadi
Format: Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/15284/2/T2_1707044011_NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.uad.ac.id/15284/
Daftar Isi:
  • Rendahnya minat belajar matematika siswa, siswa kurang memperhatikan guru saat sedang menjelaskan pelajaran matematika, mengobrol dengan teman sebangku, bermain handphone, izin ke toilet tetapi justru kekantin dan tidur-tiduran selama pelajaran berlangsung. Rendahnya minat belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya dukungan orang tua dan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap minat belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini memiliki hasil 1) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dan motivasi belajar dengan minat belajar matematika siswa, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan minat belajar matematika siswa, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan minat belajar matematika siswa. Kata Kunci : minat belajar, dukungan orangtua, motivasi belajar