PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) UNTUK MATERI ENERGI KINETIK

Main Author: Muyassarah, Afipah
Format: Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/15244/7/T1_1500007031_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://eprints.uad.ac.id/15244/
Daftar Isi:
  • Instrumen penelitian kemampuan motorik siswa pada pembelajaran fisika berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) untuk materi energi kinetik masih belum banyak ditemukan. Kurangnya instrumen penilaian motorik yang digunakan dalam proses evaluasi dalam pembelajaran mengakibatkan guru hanya berfokus pada penilaian kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan motorik siswa serta mengetahui kelayakan instrumen penialaian dalam pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) untuk materi energi kinetik. Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yang mengacu pada model 4-D. Tahapan penelitian hanya dilakukan dalam tiga tahapan yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design) dan Pengembangan (Develop). Teknik Pengumpulan data berupa lembar angket validasi, lembar angket respon pengguna, dan lembar observasi. Analisis data menggunakan data kuantitatif. Dalam proses penelitian dilakukan validasi ahli terhadap instrumen, dan instrumen tahap uji coba dengan instrument yang digunakan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, dan instrumen penilaian kemampuan motorik siswa. Hasil penelitian menunjukkan instrumen yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai intrumen dalam penilaian hasil kemampuan motorik siswa. Berdasarkan penilaian dari dua ahli dan satu guru, instrumen mendapat kategori sangat layak dengan persentase 83,33%. Sehingga intrumen penilaian kemampuan motorik pada pembelajaran fisika berbasis STEM untuk materi energi kinetik dapat digunakan pada proses pembelajaran.