HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN

Main Author: Tantalia Oktavi, Nindi
Format: Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/15064/1/T1_1500001174_Naskah%20PUBLIKASI.pdf
http://eprints.uad.ac.id/15064/
Daftar Isi:
  • Siswa sekolah menengah atas merupakan fase transisi dari remaja menuju ke dewasa dan seharusnya sudah mampu dalam penyesuaian diri. siswa yang mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri di sekolah, mereka akan cenderung menarik diri dari lingkunganya. Dukungan dari dalam diri indvidu atau internal mempunyai peran dalam penyesuaian diri siswa seperti kematangan emosi yang berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Prambanan. Populasi penelitian ini sebanyak 270 siswa dengan sampel sebanyak 152 siswa dengan teknik random sampling. Instrument yang digunakan berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi product moment Pearson’s. Berdasarkan analisis data yang di peroleh hasil nilai koefisien korelasi product moment Pearson’s sebesar 0,694 > 0,133 (r tabel ). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Prambanan. Koefisien bernilai positif artinya jika semakin tinggi kematangan emosi maka semakin tinggi pula penyesuain diri di sekolah, sebaliknya jika kematangan emosi rendah maka penyesuaian diri di sekolah pun juga ikut rendah.