ANALISIS IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 SD MUHAMMADIYAH KARANGHARJO
Main Authors: | Dwi Nanda, Aditya, Hidayat, Panji |
---|---|
Format: | Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/14903/1/T1_1500005155_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.uad.ac.id/14903/ |
Daftar Isi:
- Metode diskusi adalah metode yang berisi aktivitas dari sekelompok siswa, berbicara saling bertukar informasi maupun sebuah argumen untuk menentukan keputusan tertentu dalam mengatasi permasalahan yang ada secara bersama sama dalam pembelajran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode diskusi dalam pembelajaran tematik kelas 4 SD Muhammadiyah Karangharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif digunakan penulis untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode diskusi pada pembelajaran tematik kelas 4 SD Muhammadiyah Karangharjo Sleman. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode diskusi dalam pembelajaran tematik kelas 4 di SD Muhammadiyah Karangharjo dilakukan dengan 3 aspek yang meliputi 1) Persiapan Diskusi. merumuskan tujan, menentukan jenis diskusi, menetapkan permasalahan, mempersiapkan keperluan diskusi. 2) Pelaksanaan Diskusi. Memeriksa segala persiapan diskusi, memberikan pengarahan, melaksanakan diskusi sesuai aturan, memberikan kesempatan yang adil kepada siswa, mengendalikan pembicaraan kepada pokok pembahasan. 3) Penutup Diskusi. Membuat kesimpulan, Mereview kegiatan diskusi. Terdapat hamabatan yang terjadi saat proses diskusi berlangsung yaitu siswa sulit dikondisikan saat membentuk kelompok dan siswa terlihat masih ramai saat diskusi. Dengan demikian dapat disimpulkan implementasi metode diskusi dalam pembelajaran tematik kelas 4 SD Muhammadiyah Karangharjo menggunakan 3 aspek yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penutup diskusi.