ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UAD Semester 2)
Main Authors: | Riki Setiawan, Andi, Dwi Astuti, Reni |
---|---|
Format: | Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/14858/1/T1_1500019017_Naskah%20Publikasi.pdf http://eprints.uad.ac.id/14858/ |
Daftar Isi:
- Pengetahuan kewirausahaan penting untuk dipelajari oleh mahasiswa FEB agar dapat mengubah pola pikir mahasiswa yang setelah lulus mencari pekerjaan menjadi menciptakan pekerjaan. Berdasarkan hasil wawancara terhadap 10 mahasiswa, 4 dari 10 mahasiswa kurang paham terhadap pengetahuan kewirausahaan, mahasiswa lebih memilih mencari pekerjaan daripada berwirausaha. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha melalui pendekatan komponen Theory of Planned Behavior pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2018 UAD. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UAD angkatan 2018 yang berjumlah 868 mahasiswa dengan jumlah sampel 269 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu analisis regresi linear sederhana, berganda dan path analysis. Dengan menggunakan Aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri berwirausaha, pengaruh pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha, sikap berwirausaha, efikasi diri dan norma subyektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha tetapi secara simultan pengetahuan kewirausahaan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha. Sedangkan secara tidak langsung pengetahuan kewirausahaan terhadap niat melalui komponen sikap dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan. Variabel yang paling berpengaruh terhadap niat berwirausaha adalah sikap.