HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG TOILET TRAINING DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TK A DAN TK B DI TK PKK JOTAWANG YOGYAKARTA

Main Author: RASYADA, ADILA
Format: Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/14833/1/T1_1400002003_Naskah%20PUblikasi.pdf
http://eprints.uad.ac.id/14833/
Daftar Isi:
  • Pengetahuan tentang toilet training sangatlah penting bagi ibu, dengan adanya pengetahuan dan pemahaman tentang toilet training maka ibu akan mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan yang telah dimiliki anaknya. Dalam mengajarkan toilet training dibutuhkan metode atau cara yang tepat sehingga mudah dimengerti oleh anak serta perlu kesabaran bagi ibu untuk melatih anak tahap demi tahap sehingga toilet training berhasil diterapkan oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training terhadap keberhasilan toilet training pada anak usia TK A dan TK B di TK PKK 22 Jotawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Variabel penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training dan variabel terikat berupa keberhasilan toilet training. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia TK A dan TK B di TK PKK 22 Jotawang sejumlah 44 anak. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh atau sampel total. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi dengan jumlah 44 orang. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas konstruk dan validitas isi. Analisis data hasil penelitian dilakukan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linearitas, dan Uji Korelasi Product Moment dengan bantuan program komputer SPSS seri 17.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan tingkat pengetaguan ibu tentang toilet training dengan keberhasilan toilet training pada anak usia TK A dan TK B di TK PKK 22 Jotawang. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment variabel tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training dengan variabel keberhasilan menunjukkan nilai positif 0,472 besaran angka korelasi menunjukkan bahwa korelasi antara tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training dengan keberhasilan toilet training berada dalam katagori “sedang”. Sementara untuk nilai positif mengindikasikan pola hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training dengan keberhasilan toilet training adalah searah, semakin tinggi tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training maka semakin tinggi pula keberhasilan toilet training.