KOMODIFIKASI VIDEO GAME DI SOSIAL MEDIA (STUDI KASUS VIDEO GAME RESIDENT EVIL VII: BIOHAZARD)

Main Authors: Iqbal, Rizkianur, Farihanto, Muhammad Najih
Format: Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/14799/1/T1_1400030005_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://eprints.uad.ac.id/14799/
Daftar Isi:
  • Resident Evil VII: Biohazard merupakan sebuah game dengan genre survival horror yang diciptakan oleh Capcom. Para pemain game tersebut lalu menunggahnya kedalam jejaring sosial media yaitu Youtube dan mendapatkan uang dari unggahannya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komodifikasi terjadi melalui unggahan video Resident Evil VII. Dalam penelitian ini menerapkan penelitian kualitatif. Subjek adalah seorang Youtuber asal Indonesia dengan nama akun Klepon Parot. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu dokumentasi, wawancara, dan observasi langsung. Berdasarkan hasil penelitian di atas, komodifikasi yang terjadi di akun Klepon Parot ada dua yaitu komodifikasi isi tayangan dan komodfikasi khalayak atau penontonnya, sedangkan komodifikasi pekerja tidak terjadi di akunnya.