HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH UNIT RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Main Author: Nisa, Iztihadun
Format: Naskah Publikasi NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/14768/1/T1_1500029347_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://eprints.uad.ac.id/14768/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Kegiatan pemasaran merupakan suatu kegiatan penting untuk menjaga eksistensi suatu rumah sakit sehingga tercapainya suatu tujuan dan kemajuan dari sebuah rumah sakit. Rumah Sakit Universitas Ahmad Dahlan dipilih sebagai obyek dalam penelitian ini karena Rumah Sakit Universitas Ahmad Dahlan merupakan rumah sakit yang memiliki lokasi yang strategis, dekat dengan fasilitas - fasilitas umum seperti stadion olahraga, waterpark, kampus, sekolah, dan tempat tinggal masyarakat setempat. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian crossectional. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 84 sampel yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar kuesioner yang berisi tentang pertanyaan tertulis yang digunakan untuk mengetahui data dari responden yang berupa nama responden, jenis kelamin, umur, alamat, pekerjaan, serta pernyataan yang berhubungan dengan bauran pemasaran. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara variabel produk (product) terhadap keputusan pasien dengan nilai p value 0,007 (p< 0,05), ada hubungan antara variabel lokasi (place) terhadap keputusan pasien dengan nilai p value 0,029 (p< 0,05), ada hubungan antara variabel promosi (promotion) terhadap keputusan pasien dengan nilai p value 0,011 (p< 0,05), ada hubungan antara variabel orang (people) terhadap keputusan pasien dengan nilai p value 0,023 (p< 0,05). Sedangkan tidak ada hubungan antara variabel harga (price) terhadap keputusan pasien dengan nilai p value 0,250 (p> 0,05), tidak ada hubungan antara variabel proses (process) terhadap keputusan pasien dengan nilai p value 0,100 (p> 0,05), tidak ada hubungan antara variabel pendukung fisik (physical evidence) terhadap keputusan pasien dengan nilai p value 0,108 (p> 0,05). Kemudian berdasarkan hasil uji analisis regresi variabel yang memiliki hubungan paling kuat terhadap keputusan pasien dalam memilih unit rawat jalan di RS UAD adalah variabel produk dan pendukung fisik yang ditandai dengan nilai Sig. pada uji analasis regresi linier pada masing-masing variabel sebesar 0,030 (p < 0,05). Kesimpulan : Terdapat hubungan antara produk (product), lokasi (place), promosi (promotion), dan orang (people) terhadap keputusan pasien dalam memilih unit rawat jalan di Rumah Sakit Universitas Ahmad Dahlan, dan variabel yang memiliki kekuatan paling kuat hubungannya terhadap keputusan pasien adalah variabel produk (product) dan pendukung fisik (physical evidence)