PERENCANAAN SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) STUDI KASUS DI TK ITP
Main Authors: | Krisnawati, Sinta, Nurfadilah, Nurfadilah |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/13543/1/Sinta%20Krisnawati%2C%20Nurfadilah.pdf http://eprints.uad.ac.id/13543/ |
Daftar Isi:
- Konsep sekolah ramah anak mengutamakan kepentingan yang terbaik untuk anak dengan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan anak sehingga anak akan mampu merealisasikan potensi terbaik anak, baik di dalam maupun di luar sekolah. Prinsip-prinsip SRA ini merupakan wujud dari konvensi hak anak yang sebaiknya diterapkan sejak dini namun pada kenyataannya masih sangat jarang ditemukan di PAUD, yang paling banyak ditemukan adalah pada tingkat sekolah dasar (SD). TK ITP dipilih sebagai sampel penelitian karena menempatkan “melaksanakan sekolah ramah anak” sebagai salah satu misinya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan studi awal tentang bagaimana “perencanaan sekolah ramah anak (SRA) di TK ITP”. Penelitian yang dilakukan merupakan studi kualitatif berupa studi kasus, dengan guru, kepala sekolah dan siswa sebagai sumber data utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya mereka terbatas pada lingkup internal lembaga, belum memiliki jejaring dengan dinas atau lembaga yang terkait SRA, dan referensi tentang pengembangan program pun masih sangat minim. Hal ini menyebabkan pihak lembaga beserta para guru mengalami kesulitan untuk mensosialisasikan kepada orang tua wali murid atau masyarakat setempat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa upaya mewujudkan SRA di TK ITP masih berproses dan belum menyeluruh.