IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP

Main Authors: Putri, Ragil Dian Purnama, Kurniawan, Shopyan Jepri
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/13519/1/Ragil%20Dian%20Purnama%20Putri%2C%20Shopyan%20Jepri%20Kurniawan.pdf
http://eprints.uad.ac.id/13519/
Daftar Isi:
  • Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang implementasi nilai karakter pada anak usia dini melalui metode pembelajaran field trip. Usia 0-6 tahun merupakan usia emas dimana anak melakukan masanya untuk bermain dan mengenal hal yang baru secara rasional dari segala sumber yang didapatnya. Penanaman nilai karakter sangat tepat diberikan pada anak sejak dini melalui kehidupan sehari-hari. Anak usia dini saat ini sudah banyak terdegradasi karakter karena dengan cepat globalisasi masuk ke dalam tubuh bangsa Indonesia. Tidak dapat dihindari akan hal tersebut sehingga melalui pendidikan karakter anak akan membatasi segala sesuatu yang dapat diambil manfaatnya. Di dalam dunia pendidikan terutama pendidik adalah sasaran sebagai fasilitator dituntut untuk mempunyai strategi atau metode dalam menanamkan nilai karakter pada pembelajaran. Metode pembelajaran field trip dengan mengunjungi berbagai tempat besejarah ataupun tempat yang dapat menambah wawasan pada anak sehingga nilai karakter akan melekat pada diri anak. Melalui metode pembelajaran field trip ini diharapkan anak usia dini dapat mengenal dan mengimplemntasikan nilai karakter ke dalam kehidupan sehari-hari.