KONTRIBUSI PELATIHAN IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI

Main Authors: Barida, Muya, Widyastuti, Dian Ari
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/13511/1/Muya%20Barida%2C%20Dian%20Ari%20Widyastuti.pdf
http://eprints.uad.ac.id/13511/
Daftar Isi:
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi siswa yang tergolong Anak Berkebutuhan Khusus sangat perlu dimiliki oleh seluruh guru-guru di sekolah di semua jenjang pendidikan. Kemampun ini dapat dimiliki melalui serangkaian program pelatihan yang sistematis. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengenali karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus melalui Pelatihan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Kegiatan pelatihan akan dilaksanakan dalam kurun waktu sekitar tiga bulan dengan delapan sesi pelatihan. Adapun materi pelatihan yang akan disampaikan dan dibelajarkan kepada guru meliputi Identifikasi Tunanetra, Tunarungu, Tunadaksa, Down Syndrom, Cerebral Palsy, Slow learning, Mental Retardasi, Kesulitan Belajar Spesifik (Disleksia, Diskalkulia, Disgrafia, Disfraksia, Autis, Gifted & Talented, ADHD, Conduct Disorder dan Oppositional Defiant Disorder. Pelatihan menggunakan serangkaian metode yaitu studi kasus, diskusi, simulasi dan role play. Setelah pelatihan selesai, diharapkan guru dapat mengenali jenis-jenis Anak Berkebutuhan Khusus, menganalisis ciri-ciri siswa yang memiliki kecenderungan sebagai Anak Berkebutuhan Khusus, menerima kondisi siswa yang tergolong Anak Berkebutuhan Khusus.